Pages Navigation Menu

Kananlima Belum Habis

doc Kananlima

Kali ini saya memposting salah satu band favorit saya, band indie lokal, dan kebetulan saat ini basecamp mereka di kota kelahiran saya, Tabanan, Bali. Yaps, mereka adalah Kananlima, sebuah band keren yang sudah lama ngetop di blantika musik nasional. Band yang melambung namanya karena menang di sebuah kompetisi band ini, kini muncul lagi setelah lama vakum.

Ya, Kananlima ternyata belum habis. Kemunculan mereka malah bersenjatakan album baru. Mereka tetap energik walau kini mereka tampil dengan personil baru. Kananlima sekarang beranggotakan Ryan (vocal), Popo (Bass), Nanda (Gitar), dan Aris (Drum). Walaupun dengan personil baru, band ini tetap solid dan tetap menawarkan musik yang ceria dan penampilan mereka pun tetap bernuansa parodi yang memang menjadi ciri mereka sejak awal kemunculan mereka.

Dengan amunisi baru pada personil baru mereka, mereka menggebrak lewat single Jepit Tahan yang ngebit dan asyik digunakan untuk berjoged, lalu disusul dengan video klip single itu. Tidak butuh beberapa lama, mereka mengeluarkan single ke dua mereka yang berjudul Menantu Idaman yang musiknya bernuansa lebih slow. Kedua single ini sudah sering diputar di radio-radio di Bali. Dan mereka pun mulai kebanjiran job manggung dari Bali hingga luar Bali.
Saya baru sempat melihat penampilan mereka secara live dengan personil baru mereka ketika tampil di Singaraja, Bali tahun 2012 silam. Penampilan mereka masih seperti dulu, gokil. Tidak terlihat sama sekali mereka telah kehilangan tiga personil mereka. Walaupun pada beberapa lagu terdahulu mereka yang sudah terbiasa terdengar dengan part keyboard, dan sekarang dibawakan minus keyboard, menurut saya tidak masalah. Mereka masih tetap tampil pede dan para Bintang Lima (sebutan untuk penggemar mereka) tetap bisa menikmati perform mereka. Malah dengan masuknya personil baru, seperti Nanda membuat musik Kananlima lebih berwarna.

Bulan Mei lalu, band ini merayakan ulang tahun mereka yang ke 6. Dan semoga berlanjut ke tahun-tahun berikutnya. Maju terus Kananlima.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *