Pages Navigation Menu

Mulai Dari Seringai Hingga Dialog Dini Hari

Mulai Dari Seringai Hingga Dialog Dini Hari


Saat menonton Dialog Dini Hari di Gedung Kesenian Gde Manik (GKGM), Singaraja, teman di sebelah saya nyeletuk, “sudah berapa band ya yang main di sini?” Seketika itupun pikiran saya beralih dari penampilan band Caffeine bluse/folk dari Denpasar ini. Otak saya lalu mengingat-ingat band-band yang setahu saya pernah manggung di sini. Folder-folder dalam memori otak saya terbuka satu per satu. Meskipun tidak mencatat semua band yang pernah tampil di gedung ini, setidaknya sudah tergambar sebuah sejarah tentang musisi-musisi yang pernah hadir di gedung kebanggaan Singaraja ini. Mungkin tak terhitung jumlahnya, mulai dari band kecil sampai band besar sempat menginjakkan kaki di ubin panggung GKGM dan merasakan atmosfernya.
Sebut saja Ice Cream Attack!, Dialog Dini Hari, Scared of Bums hingga Rocket Rokers dan Seringai. Kebetulan band-band yang saya sebutkan tadi sempat saya tonton ketika live di GKGM. Kesan mereka hampir seragam, mereka menyukai panggung GKGM dan audien yang sangat apresiatif.
GKGM sebetulnya bukan satu-satunya venue untuk konser musik di Singaraja. Masih ada GOR Buana Patra, Lapangan Taman Kota, dan Eks Pelabuhan Buleleng. Namun, sepertinya (baru opini pribadi) GKGM paling digemari para penyelenggara even musik di sana. Bisa dikatakan gedung ini adalah saksi berbagai pertunjukan musik di Singaraja, juga sebagai titik penting karir sebuah band/musisi.
Teman saya, memiliki band bernama Two Second Twice, band beraliran romantic hardcore ini tampil pertama di depan publik di GKGM saat even kampus para personilnya, Oktober silam. Band ini bukan band baru jika melihat sejarah berdiri mereka karena band ini didirikan saat para personelnya sama-sama duduk di bangku SMA. Namun, band saat menjajal panggung GKGM adalah saat pertama mereka “serius” main band. Ini hanya satu cerita dari sekian cerita serupa dengan versi yang berbeda yang mungkin terjadi pada band-band lain.
Cerita lain tentang karier band yang juga terjadi di panggung GKGM adalah Kanan Lima. Pertama kali Kanan Lima manggung di Singaraja dengan formasi baru mereka dilakukan gedung ini. Konser farewell Rika Yuniorika vokalisnya Ice Cream Attack! terjadi di GKGM juga. Nosstress dan Dialog Dini Hari manggung pertama kali di Singaraja juga di GKGM. Ini hanya sebagian contoh.
Selanjutnya, gedung megah ini akan direnovasi (sesuai informasi di situs web resmi pemkab Buleleng). Semoga gedung ini tetap ada, tetap dapat dilihat oleh generasi berikutnya, dan mereka tetap bisa menikmati sajian musik (pertunjukkan seni lain) berkualitas di sana. (foto-foto oleh guswib dan esa)


 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *